Yamaha Belum Memasarkan Motor Listrik E01 Buatannya

Yamaha Belum Memasarkan Motor Listrik E01 Buatannya

Portal Solidario – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) hingga saat ini belum meluncurkan motor listrik E01 di Indonesia. Padahal, motor listrik ini telah diperkenalkan oleh Yamaha pada akhir tahun 2022 lalu.

Yamaha E01 merupakan motor listrik berjenis skuter yang memiliki desain futuristik. Motor ini dibekali dengan mesin listrik berkapasitas 8,1 kW yang mampu menghasilkan tenaga 10,8 Tk dan torsi 30,2 Nm. Yamaha E01 juga memiliki jarak tempuh hingga 104 kilometer.

YIMM mengatakan bahwa Yamaha E01 masih dalam tahap riset dan pengembangan. Motor ini masih menjalani uji coba di beberapa negara, termasuk Indonesia yang dijelaskan oleh otomotif news indonesia.

Yamaha E01 masih dalam tahap Proof of Concept (PoC) dan telah menjalani serangkaian uji coba,” kata Antonius Widiantoro, Asst. General Manager Public Relations PT YIMM.

Antonius mengatakan bahwa Yamaha melakukan uji coba Yamaha Motor listrik E01 di berbagai kondisi jalan, termasuk jalan perkotaan, jalan pedesaan, dan jalan tol. Uji coba ini dilakukan untuk mendapatkan masukan dari konsumen terkait spesifikasi, jarak tempuh, harga, dan lama pengecasan.

“Kami ingin memastikan bahwa Yamaha E01 sesuai dengan kebutuhan konsumen di Indonesia,” kata Antonius.

YIMM menargetkan bahwa Yamaha E01 akan diluncurkan di Indonesia pada tahun 2024 mendatang. Namun, tanggal peluncuran yang pasti masih belum ditentukan.

“Kami akan terus melakukan riset dan pengembangan untuk memastikan bahwa Yamaha E01 siap diluncurkan di Indonesia,” kata Antonius.

Apakah Yamaha Memiliki Kendala ?

Kehadiran Yamaha E01 di Indonesia tentu akan disambut baik oleh konsumen. Motor listrik ini memiliki desain yang menarik, performa yang mumpuni, dan jarak tempuh yang cukup jauh.

Namun, Yamaha tampaknya masih belum yakin untuk meluncurkan Yamaha E01 di Indonesia. Ada beberapa hal yang mungkin ditunggu oleh Yamaha, antara lain:

  • Pemerintahan

Pemerintah Indonesia telah menetapkan target untuk mengurangi emisi gas buang sebesar 29% pada tahun 2030. Pemerintah juga telah memberikan insentif pajak bagi kendaraan listrik. Insentif pajak ini tentu akan menarik minat konsumen untuk membeli kendaraan listrik, termasuk Yamaha E01.

  • Infrastruktur

Infrastruktur pendukung kendaraan listrik, seperti stasiun pengisian daya listrik, masih belum memadai di Indonesia. Hal ini tentu akan menjadi pertimbangan Yamaha dalam meluncurkan Yamaha E01 di Indonesia.

  • Ketersediaan suku cadang

Yamaha perlu memastikan bahwa suku cadang Yamaha E01 tersedia di Indonesia. Hal ini untuk memberikan kenyamanan bagi konsumen dalam merawat Yamaha E01.

Jika ketiga hal tersebut sudah terpenuhi, maka Yamaha E01 akan segera diluncurkan di Indonesia.